Selasa, 10 Januari 2017

BUKIT KACAPI, KOLAM RENANG DI TENGAH HAMPARAN KEBUN TEH

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh

Tahun baru sudah berlalu, hari liburpun telah berlalu. Kini semua telah kembali pada aktivitasnya masing-masing dengan harapan baru dan mungkin dengan hal-hal baru pula.

Di hari libur semester kemarin, banyak mahasiswa/i juga anak anak sekolahan yang memanfaatkan moment ini untuk berlibur ke berbagai tepat wisata bersama keluarga maupun teman.

Beda dengan para karyawan dan buruh seperti saya, waktu libur ya Cuma hari minggu doang, saat itulah saya bisa mengusir stres akibat kerja dengan melakukan aktivitas ngabolang. Tapi itu pun kalau gak ada undangan dari teman yang nikah. Haha

Ngomong-ngomong soal nikah, minggu-minggu ini banyak temen yang nikah.. haha #temen mulu yang nikah saya kapan ? Insya Allah minggu depan kalau gak hujan. Wkwkwkw

Udah ah jangan ngomongin nikah, jadi kepikiran lagi.. hehe  Kembali ke topik. Di tahun baru kemarin saya beruntung ada waktu luang dan temen ngajakin pergi ke tempat baru yang lagi hits di kota saya. Namanya Bukit Kacapi.

Bukit Kacapi berada di Desa Tanjung karang Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, beberapa minggu terakhir tempat ini memang lagi ramainya dibicarakan di akun medsos tasikmalaya. Beberapa foto kolam renang berlatar kebun teh bermunculan di medsos.

Sebelumnya Saya sudah pernah ke daerah cigalontang ke kebun teh gunung satria. Akhirnya Saya memutuskan untuk berangkat bersama geng pecinta cabe-cabean. Wkwkw  Hari minggu Saya berangkat jam 07.30  pake motor.
Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Jalannya masih tanah

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Area Parkir sekitar lokasi wisata

Dari pusat kota tasik Kami membutuhkan ± 2 jam ke arah singaparna - garut. Di perbatasan tasik garut,tepatnya setelah jembatan belok kanan ke arah gunung satria, tidak jauh setelah belok ada kandang ayam gede trus belok kanan lagi yang ke bawah lalu ikuti jalannya.

Untuk ke kawasan ini agak susah-susah gampang karena masih minimnya petunjuk. Jalannya juga lumayan berbatu setelah masuk desa terakhir. Untuk masuk kesini Kami harus bayar uang 2rb/org sebagai tanda masuk kawasan perhutani. Habis itu, masuk kolam renang harus bayar tiket sebesar 6rb/org.

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Tiketnya masih seadanya..

Namun sayang sekali di beberapa desa sebelum masuk bukit kacapi banyak portal yang mengharuskan kami bayar uang juga, entah itu untuk apa yang jelas pengelola bilang itu hanya akal – akalan dari warga desa setempat yang memanfaatkan moment, istilah kerennya pungli kali ya. hehe

Setelah sampai di lokasi, jalanan di bukit kacapi sudah dipenuhi banyak kendaraan bermotor dan juga mobil. Kami harus memilih tempat buat parkir karena disekitar lokasi rumputnya tinggi,jadi agak susah parkir.

Di bukit kacapi sendiri terdapat kolam renang, Selain itu ada 2 WC dan 4 kamar ganti, Kita bebas berenang Dan berfoto di kebun Teh yang sudah terhampar luas. Bagi yang suka Selfie, gak bakal deh kehabisan spot buat Selfie. Hehe

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Muka Kedinginan. haha

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Subhanalloh banget

Selain berenang, kamu juga bisa main prosotan air kalau bawa anak trus foto bareng di kolam ala ala liburan keluarga ditemani landscape hamparan kebun teh yang belum tentu bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Bukit kacapi ini memang berada di area perkebunan teh, yang dikelola oleh perhutani kabupaten tasikmalaya. Terdapat satu kolam renang dengan memanfaatkan air dari alam tanpa kaporit, tidak hanya itu pengelola juga menyediakan beberapa gazebo untuk tempat bersantai atau sekedar makan makan.

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh
Sobat saya lagi galau..hehe

Kalau lapar, bisa jajan karena disana ada beberapa warung yang menawarkan makanan. Di dalam area kolam juga ada warung mie ayam yang bisa anda coba sehabis kedinginan berenang.. cocok kaan. Tenang, harganya normal kok, semangkuk mie ayam gak sampai 10 + foto bareng sama pedagangnya juga  haha

Berdasarkan pernyataan pengelola tempat wisata bukit kacapi, awalnya tempat ini hanya milik perseorangan yang digunakan untuk bersantai bagi warga sekitar perkebunan. Namun setelah ada pengunjung dari luar daerah dan kemudian mengunggahnya di sosmed, tempat ini jadi ramai karena banyak yang penasaran dengan tempatnya.

Bukit Kacapi, Kolam renang di tengah hamparan kebun teh

Pengelola bilang sebenarnya tempat ini belum siap untuk umum, tapi ya tau sendiri gimana hebatnya sosial media yang mudah sekali bikin booming termasuk bukit kacapi. Makanya pengelola sudah berdiskusi dengan pejabat setempat untuk mengembangkan bukit kacapi.

Menurut informasi yang didapat, Pengembangan dilakukan dengan menambahkan gazebo dan juga spot baru seperti flying fox, paralayang, dan juga arung jeram.

Saya ngebayangin kalau spot spot yang direncanakan sudah jadi, mungkin bukit kacapi bakal jadi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan yaa. Saya mah berdo’a saja semoga perencanaan itu benar terjadi. Haha  Aminkan saja yaa  Amiin





27 komentar:

  1. Suasananya adem banget kayaknya yak..ada kolam renang pula :)
    Uang masuknya juga murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. cocok buat nenangin hati kayaknya. hehe

      Hapus
  2. Kayanya keren tempatnya, tapi sayang foto kolamnya cuma 1 harusnya lebih banyak lagi tuh foto kolamnya ketimbang foto selfienya hehehe atau banyakin foto selfienya deket kolam gitu, biar lebih keliatan jelas kolamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mba waktu itu kolamnya penuh karena pengunjung banyak dan kolamnya cuma satu, jadi gak banyak foto di kolamnya hhehe

      tapi saya rasa itu juga cukup menggambarkan suasana disana

      Hapus
  3. Teman saya udah pernah berkunjung dan foto-foto di Bukit Kacapi tapi saya baru tahu ada kolam renangnya juga ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada mba.. kalau pengen dapet view yang bagus di kolam saya sarankan pas lagi sepi mba. hehe

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Sebelumnya aku udah pernah lihat gambar tempat ini di instagram, tapi engga tau kalau tempat wisata ini namanya Bukit Kacapi dan ada di Tasikmalaya. Keren, hijau-hijau, masih alami. Semoga pemerintah segera mengembangkan tempat wisata ini ya, pengen kesana dah \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya booming banget tempatnya. yuk ath kesini mba,masih banyak yang bisa dikunjungi kok. hehe

      Hapus
  6. Waaaaah keren bangeeet. Masih asri banget tempatnya ya mas, nggak sabar nunggu pengembangan selanjutnyaaa. Pasti bakal makin keren yaaaaa. Makasi infonya maaaas

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga gak sabar mba nunggu hasilnya.. terima kasih udah mampir mba :D

      Hapus
  7. Been meaning to stop by and say hello and Happy New Year. Thank you for always visiting me. Love seeing your part of the world. Very beautiful photos. May you have a blessed day.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks also debbie, I like the works of you during this time.

      Hapus
  8. asik gumasik pisan tah ada kolam renang di tengah kebun teh, tapi saya mah kalau ke bukit kacapi lebih seru mojokkin janda di tengah kebon tehnya mang...dua kali saya ke situh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. emang seueur janda bohay mang lembu disana,tapi sayang temen saya yang kenal jandanya bukan saya. hihi

      Hapus
  9. Lucu dan keren ada kolam renang nya, itu kolam kalo di tambah lagi pasti makin kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an ada tambahan kolamnya mas,katanya sedang di benahi dan ditambah spot spot baru biar maskin betah pengunjungnya. hehe

      Hapus
    2. Trus di tambah taman bermain buat anak gitu

      Hapus
  10. Cakep viewnya kolam renangnya. Tapi baru satu itu, ya? Atau bakal ada kolam lagi. Kalau cuma 1 kayaknya bakal penuh banget kolamnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2 ada tambahan kolam mba.. tapi katanya ada tambahan spot lain kayak arung jeram,paralayang dll. hehe

      Hapus
  11. iya tuh zen mungkin semacam pungli tapi mungkin itu karena mereka memang sudah merawat tempat itu secara sukarela jadi mengandalkan pengunjung masuk saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. maslahnya beda kampung mba.. jauh banget dari gerbang masuk wisata,pengelola aja bilangnya bukan dari tim pengelola. jadi jelas itu pungli. hehe

      Hapus
  12. wah tumben belom update posting baru :)

    BalasHapus
  13. Ampun... BAGUS BANGET PEMANDANGANNYA! Kayanya saya udah terlalu lama berkutat dengan laptop di dalam ruangan, jadi rasa kangen sama alam bener-bener membuncah. Nice recommendation by the way. Sepertinya harus mencoba ke sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba coba aja kesini.. ke tempat wisata ini murah banget,tapi gak tahu ongkos dari kota mba kesini. haha

      Hapus
  14. *_* Gilaa keren banget...
    tapi itu apa nggak dingin?
    Seru kali yah di kolam renang, dingin-dingin sambil minum coklat panas :D
    Brrr....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dingin udah pasti.. kalo aku lebih suka makan mie plus telor sama sambel kalo lagi dingin kayak gitu. haha

      Hapus